Di saat menghadapi badai atau tantangan, baik berupa krisis ekonomi, pandemi atau guncangan lainnya, setiap perusahaan seakan sedang memasuki semacam ujian.
Dalam bisnis atau perusahaan, apa yang dilakukan pemimpin akan terlihat hasilnya ketika tantangan tiba, baik itu stabilitas psikologi timnya, kinerja sistemnya yang telah dibangun, hingga strategi-strategi yang perlu dikaji ulang agar relevan dengan kondisi terkini.
Transformasi bisnis merupakan perjalanan yang berkesinambungan dan berlangsung tanpa henti. Perusahaan menjadi stagnan jika transformasi berhenti. Sedangkan, kemajuan teknologi dan perkembangan pasar berubah begitu cepat.
Pemimpin perlu strategi dan langkah konkret dalam mentransformasi bisnisnya. Pemimpin perlu memiliki kesadaran akan tindakannya. Selain tindakan yang spontan, terdapat juga tindakan-tindakan penting yang perlu dilakukan by design, by planning, sehingga dapat memberi dampak seperti yang diharapkan.
Tujuan buku ini adalah untuk mendampingi pemimpin bisnis dalam perjalanan transformasi, untuk mewujudnyatakan kualitas dalam dirinya menjadi tindakan (inside out), yang jika diringkas menjadi 6 bagian:
• Hati Seorang Pemimpin ( The Heart of Leadership);
• Fondasi Kepemimpinan (The Foundation of Leadership);
• Kualitas Kepemimpinan ( The Quality of Leadership);
• Tindakan Kepemimpinan ( The Action of Leadership);
• Kepemimpinan Global (The Global Leadership)
• Kepemimpinan Agile (The Agile Leadership)
Pada setiap bagian terdapat ruang untuk melakukan Review, Refleksi Rencana Aksi, agar Anda dapat merancang tindakan nyata sesuai kondisi, baik di saat stabil dan kondusif hingga situasi tak pasti, tak menentu dan gonjang-ganjing.