Inovasi digital membawa perubahan dalam ranah bisnis salah satunya di bidang pemasaran.
Perusahaan pun mesti beradaptasi dan menunggangi peluang pada era ini, dan semuanya telah terangkum dalam buku Marketing 4.0 ini.
Sebelum era digital, pendekatan pemasaran berfokus pada produk (product-driven), lalu berubah ke pelanggan (costumer-centric), hingga pada aspek kemanusiaan pelanggan (human-centric).
Di era yang serba terkoneksi dengan jaringan, konsumen lebih mengandalkan apa yang disebut the F-factor, yakni friends, families, fans/followers ketimbang pesan marketing.
Konsep pemasaran 4.0 mengurai perubahan perjalanan konsumen (costumer path) dari awalnya 4A (aware, attitude, act, dan act again) menjadi 5A (aware, appeal, ask, act, dan advocate).
Di sinilah letak pentingnya integrasi antara digital dan tradisional, offline maupun online.
Buku ini menawarkan panduan yang cukup lengkap untuk memulai atau memperbarui bisnis dengan mindset digital.